Di Posting kali ini ane akan membahas mengenai orang – orang yang sudah sangat berhasil dalam perkembangan bisnis E-Commerce di Indonesia bahkan sampai Asia Tenggara. Siapa aja Orang – orang hebat itu?? Cekibrot Daks..
1. Achmad Zaky – Bos Bukalapak
Pebisnis e-commerce Indonesia pertama yang sukses dan berjaya di Asia Tenggara tersebut adalah Achmad Zaky, sang pemimpin bukalapak.com. Pada tahun 2014 kemarin, marketplace e-commerce Bukalapak ditaksir telah mencatatkan transaksi yang mencapai US$80 juta atau sekitar Rp 1 Triliun lebih. Dengan pencapaian ini ia dinobatkan sebagai pengusaha muda paling berpengaruh di Asia Tenggara.
Dalam tiga tahun belakangan ini Bukapalak memang terus menunjukkan tren pertumbuhan dan berkembang yang signifikan sejak berdirinya pada tahun 2010. Pada awal berdirinya itu, Bukalapak yang dijalankan dari sebuah garasi kecil kini telah menjadi situs e-commerce paling populer di Indonesia dengan kunjungan lebih dari satu juta orang setiap harinya. Meski hanya bergerak pada bisnis C2C (Costumer to Costomer), Bukalapak telah memiliki lebih dari 200 penjual dan dukungan investor yakni Gree Ventures, Batavia, 500 Startups, dan Emtek Group.
Menurut Zaky, perkembangan Bukalapak tak lepas dari tren pasar e-commerce Indonesia yang terus bertumbuh. Kondisi ini juga didorong oleh pengguna internet yang lebih dari 82 juta orang, atau sekitar 30 persen dari jumlah total penduduk Indonesia. Karena pertumbuhan ini, Zaky pun yakin untuk menarget Bukalapak untuk bisa naik delapan kali lipat pada tahun ini.
2. Ferry Unardi – CEO Traveloka
Ferry Unardi yang merupakan CEO Traveloka menjadi orang kedua yang didaulat sebagai pebisnis e-commerce tanah air yang berjaya di Asia Tenggara. Pemuda yang masih berusia 27 tahun ini memang sangat fenomenal saat mengembangkan Traveloka sebagai marketplace e-commerce pemesanan tiket pesawat dan voucher hotel.
Bagaimana tidak, situs yang di dukung oleh East Ventures dan Global Founders Capital ini telah dikunjungi 4-7,5 juta pengunjung setiap bulannya. Angka yang dicatatkan Traveloka ini jelas sangat jauh lebih baik jika dibandingkan beberapa kompetitornya.
Sebelum mendirikan Traveloka, entrepreneur muda jebolan Purdue University ini juga sempat merasakan atmosfer kerja di Microsoft. Saat Ferry kemudian menggerakkan Traveloka pada bisnis e-ticketing, keberadaannya kini telah mampu mengalihkan 90 persen calon penumpang memesan tiket secara online yang awalnya dilakukan secara manual. Dengan konsep one stop pemesan tiket, Ferry telah membuat para pengguna dan pelanggannnya merasa nyaman saat menggunakan Traveloka.
3. Jason Lamuda – CEO Berrybenka
Terakhir, pebisnis e-commerce tanah air yang telah sukses dan berjaya di Asia Tenggara adalah Jason Lamuda. Jason yang merupakan CEO Berrybenka telah berjaya dengan mencatatkan kujungan pada situsnya dengan angka 590 ribu pengunjung setiap bulannya.
Dengan angka ini pada akhirnya membuat Berrybenka memperoleh dukungan dana lebih dari US$5 juta dari Gree Ventures, Transcosmos, dan East Ventures. Situs Berrybenka sendiri adalah situs dengan berfokus menjual busana wanita muslim yang didirikan Jason pada tahun 2012.
Berrybenka sendiri Kini telah melebarkan sayap bisnisnya dengan mendirikan HijaBenka yang menyasar pasar busana muslim untuk kaum muda. Kategori produk Berrybenka pun saat ini telah berkembang pada produk make up kecantikan dan apparel untuk olahraga. Meski telah sukses, pria yang dikenal pekerja keras ini berencana akan merambah pasar e-commerce fashion laki-laki. Rencana e-commerce barunya ini masih dalam proses rintisan dan diprediksi akan hadir pada kuartal pertama tahun depan.
Oke segitu dari ane Daks, semoga dengan membaca sedikit biografi dari orang sukses di E-Commerce ini membuat kita menjadi terpacu dalam menggapai mimpi kita.
See ya next post..

0 comments:
Post a Comment