Selamat pagi balads semua ! bahasan kali ini masih seputar teori dari e-commerce pemirsa. berbicara tentang standar , maap ini bukan standar yang nempel di motor ya , standar disini berarti ukur kesepakatan-kesepakatan yang telah didokumentasikan yang di dalamnya terdiri antara lain mengenai spesifikasi-spesifikasi teknis atau kriteria-kriteria yang akurat yang digunakan sebagai peraturan, petunjuk, atau definisi-definisi tertentu untuk menjamin suatu barang, produk, proses, atau jasa sesuai dengan yang telah dinyatakan.
Nah ternyata e-commerce juga mempunyai standarisasinya , umumnya digunakan dalam transaksi bisnis-ke-bisnis. Beberapa diantara yang sering digunakan adalah:
1. Electronic Data Interchange (EDI), Dibuat oleh pemerintah di awal tahun 70-an dan saat ini digunakan oleh lebih dari 1000 perusahaan Fortune di Amerika Serikat, EDI adalah sebuah standar struktur dokumen yang dirancang untuk memungkinkan organisasi besar untuk mengirimkan informasi melalui jaringan private. EDI saat ini juga digunakan dalam situs perusahaan (corporate website).
2. Open Buying on the Internet (OBI), Adalah sebuah standar yangdibuat oleh Internet Purchasing Roundtable yang akan menjamin bahwa berbagai sisteme-commerce dapat berbicara satu denganlainnya. OBI yang dikembangkan oleh konsorsium OBI(http://www.openbuy.org/) didukung oleh perusahaan-perusahaan yang memimpin di bidang teknologi seperti Actra, InteliSys, Microsoft,Open Market, dan Oracle.
3. Open Trading Protocol (OTP), OTP dimaksudkan untuk menstandarisasi berbagai aktifitas yang berkaitan dengan proses pembayaran, seperti perjanjian pembelian, resi untuk pembelian, dan pembayaran. OTP sebetulnya merupakan standar kompetitor OBI yang dibangun oleh beberapa perusahaan, seperti AT&T, CyberCash,Hitachi, IBM, Oracle, Sun Microsystems, dan British Telecom.
3. Open Profiling Standard (OPS), Sebuah standar yang di dukung olehMicrosoft dan Firefly http://www.firefly.com/. OPS memungkinkan pengguna untuk membuat sebuah profil pribadi dari kesukaan masing-masing pengguna yang dapat dia bagi(share) dengan merchant. Ide dibalik OPS adalah untuk menolong memproteksi privasi penggunatanpa menutup kemungkinan untuk transaksi informasi untuk proses marketing dan sebagainya.
4. Secure Socket Layer (SSL), Protokol ini di didesain untuk membangun sebuah saluran yang aman keserver .SSL menggunakan teknik encription public key untuk memproteksi data yang di kirimkan melalui Internet. SSL dibuat oleh Netscape tapi sekarang telah di publikasikan di public domain.
2. Open Buying on the Internet (OBI), Adalah sebuah standar yangdibuat oleh Internet Purchasing Roundtable yang akan menjamin bahwa berbagai sisteme-commerce dapat berbicara satu denganlainnya. OBI yang dikembangkan oleh konsorsium OBI(http://www.openbuy.org/) didukung oleh perusahaan-perusahaan yang memimpin di bidang teknologi seperti Actra, InteliSys, Microsoft,Open Market, dan Oracle.
3. Open Trading Protocol (OTP), OTP dimaksudkan untuk menstandarisasi berbagai aktifitas yang berkaitan dengan proses pembayaran, seperti perjanjian pembelian, resi untuk pembelian, dan pembayaran. OTP sebetulnya merupakan standar kompetitor OBI yang dibangun oleh beberapa perusahaan, seperti AT&T, CyberCash,Hitachi, IBM, Oracle, Sun Microsystems, dan British Telecom.
3. Open Profiling Standard (OPS), Sebuah standar yang di dukung olehMicrosoft dan Firefly http://www.firefly.com/. OPS memungkinkan pengguna untuk membuat sebuah profil pribadi dari kesukaan masing-masing pengguna yang dapat dia bagi(share) dengan merchant. Ide dibalik OPS adalah untuk menolong memproteksi privasi penggunatanpa menutup kemungkinan untuk transaksi informasi untuk proses marketing dan sebagainya.
4. Secure Socket Layer (SSL), Protokol ini di didesain untuk membangun sebuah saluran yang aman keserver .SSL menggunakan teknik encription public key untuk memproteksi data yang di kirimkan melalui Internet. SSL dibuat oleh Netscape tapi sekarang telah di publikasikan di public domain.
5. Secure Electronic Transaction (SET), SET akan mengenkodekannomor kartu kredit yang di simpan di server merchant. Standar ini di buat oleh Visa dan MasterCard, sehingga akan langsung di dukungoleh masyarakat perbankan. Ujicoba pertama kali dari SET di e-commerce dilakukan di Asia.
6. Truste, Adalah sebuah partnership dari berbagai perusahaan yangmencoba membangun kepercayaan public dalam e-commerce dengan cara memberikan cap good housekeeping yang memberikan approve pada situs yang tidak melanggar kerahasiaan konsumen.
Sumber: http://www.academia.edu/4911623/PEMANFAATAN_E-COMMERCE_DALAM_DUNIA_BISNIS

0 comments:
Post a Comment